Kebijakan Privasi

Selamat datang di Campus HR Academy 

Harap membaca dengan seksama Kebijakan Privasi ini sebelum Anda mulai menggunakan Website Kami, karena peraturan ini berlaku pada penggunaan Anda terhadap Website Kami. 


1. Ketentuan Umum 

Website ini dimiliki, dioperasikan, dan diselenggarakan oleh PT Satu Nusa Madani (“Kami” atau “Campus HR Academy”). Campus HR Academy memiliki komitmen nyata untuk melindungi dan menghormati privasi pengguna (“Anda” atau “Pengguna”) saat mengakses dan menggunakan website, aplikasi berbasis Android, fitur, teknologi, konten, dan produk yang Kami sediakan (selanjutnya, secara bersama-sama disebut sebagai “Website”). 

Kebijakan Privasi ini (beserta syarat-syarat penggunaan dari Website Campus HR Academy sebagaimana tercantum dalam Syarat dan Ketentuan) menetapkan dasar atas perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penampilan, pengiriman, pembukaan, penyimpanan, perubahan, penghapusan dan/atau segala bentuk pengelolaan yang terkait dengan data atau informasi yang mengidentifikasikan atau dapat digunakan untuk mengidentifikasi Pengguna yang Pengguna berikan kepada Campus HR Academy atau yang Campus HR Academy kumpulkan dari Pengguna maupun pihak ketiga (selanjutnya disebut sebagai "Data Pribadi"). 


2. Perolehan dan Pengumpulan Data Pribadi Pengguna 

Campus HR Academy mengumpulkan Data Pribadi Pengguna dengan tujuan untuk memproses transaksi Pengguna, mengelola dan memperlancar proses penggunaan Website, pendaftaran pelatihan dan kelas, serta tujuan-tujuan lainnya selama diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Adapun data Pengguna yang dikumpulkan adalah sebagai berikut: 

  1. Data yang diserahkan secara mandiri oleh Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada data yang diserahkan pada saat Pengguna: 

  1. membuat atau memperbarui akun Campus HR Academy, termasuk diantaranya nama pengguna (username), alamat email, nomor telepon, password, alamat, foto, dan informasi lainnya yang dapat mengidentifikasi Pengguna; 

  1. menghubungi Campus HR Academy, termasuk melalui layanan pelanggan (customer service); 

  1. mengisi survei yang dikirimkan oleh Campus HR Academy atau pihak lain yang ditunjuk secara resmi untuk mewakili Campus HR Academy; 

  1. mempergunakan layanan-layanan pada Website, termasuk data transaksi yang detail, diantaranya jenis, jumlah dan/atau keterangan dari produk atau layanan yang dibeli, alamat pengiriman, kanal pembayaran yang digunakan, jumlah transaksi, tanggal dan waktu transaksi, serta detail transaksi lainnya; 

  1. mengisi data-data pembayaran pada saat Pengguna melakukan aktivitas transaksi pembayaran melalui Website, termasuk namun tidak terbatas pada data rekening bank, kartu kredit, virtual account, instant payment, internet banking, gerai ritel; dan/atau 

  1. menggunakan fitur pada Website yang membutuhkan izin akses ke data yang relevan yang tersimpan dalam perangkat Pengguna. 

  1. Data yang terekam pada saat Pengguna mempergunakan Website, termasuk namun tidak terbatas pada: 

  1. data lokasi riil atau perkiraannya seperti alamat IP, lokasi Wi-Fi dan geo-location; 

  1. data berupa waktu dari setiap aktivitas Pengguna sehubungan dengan penggunaan Website, termasuk waktu pendaftaran, login, dan transaksi; 

  1. data penggunaan atau preferensi Pengguna, diantaranya interaksi Pengguna dalam menggunakan Website, pilihan yang yang disimpan, serta pengaturan yang dipilih. Data tersebut diperoleh menggunakan cookies, pixel tags, dan teknologi serupa yang menciptakan dan mempertahankan pengenal unik; 

  1. data perangkat, diantaranya jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses Website, termasuk model perangkat keras, sistem operasi dan versinya, perangkat lunak, nomor IMEI, nama file dan versinya, pilihan bahasa, pengenal perangkat unik, pengenal iklan, nomor seri, informasi gerakan perangkat, dan/atau informasi jaringan seluler; dan/atau 

  1. data catatan (log), diantaranya catatan pada server yang menerima data seperti alamat IP perangkat, tanggal dan waktu akses, fitur aplikasi atau laman yang dilihat, proses kerja aplikasi dan aktivitas sistem lainnya, jenis peramban (browser), dan/atau website atau layanan pihak ketiga yang Pengguna gunakan sebelum berinteraksi dengan Website. 

  1. Data yang diperoleh dari sumber lain, termasuk namun tidak terbatas pada: 

  1. data berupa geo-location (GPS) dari mitra usaha Campus HR Academy yang turut membantu Campus HR Academy dalam mengembangkan dan menyajikan layanan-layanan dalam Website kepada Pengguna, antara lain mitra penyedia layanan pembayaran, logistik atau kurir, infrastruktur Website, dan mitra- mitra lainnya. 

  1. data berupa email, nomor telepon, nama, gender, dan/atau tanggal lahir dari Pengguna, seperti layanan media sosial, atau website/aplikasi yang menggunakan application programming interface (API) Campus HR Academy atau yang digunakan Campus HR Academy; 

  1. data berupa email dari penyedia layanan pemasaran. 

Campus HR Academy dapat menggabungkan data yang diperoleh dari sumber tersebut dengan data lain yang dimilikinya. 


3. Penggunaan Data Pribadi Pengguna 

Campus HR Academy dapat menggunakan Data Pribadi yang diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna sebagaimana disebutkan dalam bagian sebelumnya untuk hal-hal sebagai berikut: 

  1. Memproses segala bentuk permintaan, aktivitas maupun transaksi yang dilakukan oleh Pengguna melalui Website, termasuk untuk keperluan pengiriman produk kepada Pengguna. 

  1. Penyediaan fitur-fitur untuk memberikan, mewujudkan, memelihara dan memperbaiki produk dan layanan kami, termasuk: 

  1. Menawarkan, memperoleh, menyediakan, produk-produk Campus HR Academy melalui Website; 

  1. Memungkinkan fitur untuk mempribadikan (personalised) akun Campus HR Academy Pengguna, seperti Kelasku, Coachingku, Kelas Favorit dan Wishlist; dan/atau 

  1. Melakukan kegiatan internal yang diperlukan untuk menyediakan layanan pada Website Campus HR Academy, seperti pemecahan masalah software, bug, permasalahan operasional, melakukan analisis data, pengujian, dan penelitian, dan untuk memantau dan menganalisis kecenderungan penggunaan dan aktivitas. 

  1. Membantu Pengguna pada saat berkomunikasi dengan Layanan Pelanggan Campus HR Academy, diantaranya untuk: 

  1. Memeriksa dan mengatasi permasalahan Pengguna; 

  1. Mengarahkan pertanyaan Pengguna kepada petugas layanan pelanggan yang tepat untuk mengatasi permasalahan; 

  1. Mengawasi dan memperbaiki tanggapan layanan pelanggan Campus HR Academy; 

  1. Menghubungi Pengguna melalui email, surat, telepon, fax, dan metode komunikasi lainnya, termasuk namun tidak terbatas, untuk membantu dan/atau menyelesaikan; proses transaksi maupun proses penyelesaian kendala, serta menyampaikan berita atau notifikasi lainnya sehubungan dengan perlindungan Data Pribadi Pengguna oleh Campus HR Academy, termasuk kegagalan perlindungan Data Pribadi Pengguna; 

  1. Menggunakan informasi yang diperoleh dari Pengguna untuk tujuan penelitian, analisis, pengembangan dan pengujian produk guna meningkatkan keamanan layanan-layanan pada Website, serta mengembangkan fitur dan produk baru; dan 

  1. Menginformasikan kepada Pengguna terkait produk, layanan, promosi, studi, survei, berita, perkembangan terbaru, acara dan informasi lainnya, baik melalui Website maupun melalui media lainnya. Campus HR Academy juga dapat menggunakan informasi tersebut untuk mempromosikan produk, memberikan hadiah, serta menyajikan iklan dan konten yang relevan tentang layanan Campus HR Academy. 

  1. Melakukan monitoring ataupun investigasi terhadap transaksi-transaksi mencurigakan atau transaksi yang terindikasi mengandung unsur kecurangan atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan atau ketentuan hukum yang berlaku, serta melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut dari hasil monitoring atau investigasi transaksi tersebut. 

  1. Dalam keadaan tertentu, Campus HR Academy mungkin perlu untuk menggunakan ataupun mengungkapkan Data Pribadi Pengguna untuk tujuan penegakan hukum atau untuk pemenuhan persyaratan dan kewajiban peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk dalam hal terjadinya sengketa atau proses hukum antara Pengguna dan Campus HR Academy, atau dugaan tindak pidana seperti penipuan atau pencurian data. 

  1. Memfasilitasi transaksi penggabungan, penjualan aset perusahaan, konsolidasi atau restrukturisasi, pembiayaan atau akuisisi yang melibatkan Campus HR Academy. 


4. Pengungkapan Data Pribadi Pengguna 

1. Pengungkapan Data Pribadi Pengguna 

Campus HR Academy berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali Campus HR Academy dan menjamin tidak ada pengungkapan, penjualan, pengalihan, distribusi dan/atau peminjaman Data Pribadi Pengguna kepada pihak ketiga lain, tanpa persetujuan dari Pengguna, kecuali dalam hal-hal sebagai berikut: 

  1. Dibutuhkan adanya pengungkapan Data Pribadi Pengguna kepada mitra atau pihak ketiga lain yang membantu Campus HR Academy dalam menyajikan layanan yang tersedia atau layanan yang di kemudian hari akan tersedia pada Website dan memproses segala bentuk aktivitas Pengguna dalam Website, termasuk memproses transaksi, verifikasi pembayaran, promosi, dan pengiriman produk. 

  1. Campus HR Academy dapat menyediakan Data Pribadi Pengguna kepada vendor, konsultan, mitra pemasaran, firma/lembaga riset, atau penyedia layanan sejenis dalam rangka kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh pihak ketiga, peningkatan dan pemeliharaan kualitas layanan Campus HR Academy, serta kegiatan publikasi lainnya. 

  1. Pengguna menghubungi Campus HR Academy melalui media publik seperti blog, media sosial, dan fitur tertentu pada Website, yang mana komunikasi antara Pengguna dan Campus HR Academy tersebut dapat dilihat dan diketahui oleh khalayak ramai. 

  1. Campus HR Academy dapat membagikan Data Pribadi Pengguna kepada anak perusahaan dan afiliasinya untuk membantu memberikan layanan atau melakukan pengolahan data untuk dan atas nama Campus HR Academy. 

  1. Campus HR Academy dapat mengungkapkan dan/atau memberikan Data Pribadi Pengguna kepada pihak-pihak yang berkepentingan dalam rangka pelaksanaan analisis kelayakan kredit Pengguna. 

  1. Campus HR Academy mengungkapkan Data Pribadi Pengguna dalam upaya mematuhi kewajiban hukum dan/atau adanya permintaan yang sah dari aparat penegak hukum atau instansi penyelenggara negara yang berwenang. 

2. Sehubungan dengan pengungkapan Data Pribadi Pengguna sebagaimana dijelaskan di atas, Campus HR Academy akan/mungkin perlu mengungkapkan Data Pribadi Pengguna kepada penyedia layanan pihak ketiga, agen dan/atau afiliasi atau perusahaan terkait Campus HR Academy, dan/atau pihak ketiga lainnya yang berlokasi di luar wilayah Indonesia. Meskipun demikian, penyedia layanan pihak ketiga, agen dan/atau afiliasi atau perusahaan terkait dan/atau pihak ketiga lainnya tersebut hanya akan mengelola dan/atau memanfaatkan Data Pribadi Pengguna sehubungan dengan satu atau lebih tujuan sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 


5.Keamanan, Penyimpanan, dan Penghapusan Data Pribadi Pengguna 

  1. Campus HR Academy melindungi setiap Data Pribadi Pengguna yang disimpan dalam sistemnya, serta melindungi data tersebut dari akses, penggunaan, modifikasi, pengambilan dan/atau pengungkapan tidak sah dengan menggunakan sejumlah tindakan dan prosedur keamanan, termasuk kata sandi dan kode OTP (One Time Password) Pengguna. 

  1. Data Pribadi Pengguna juga dapat disimpan atau diproses di luar negara oleh pihak yang bekerja untuk Campus HR Academy di negara lain, atau oleh penyedia layanan pihak ketiga, vendor, pemasok, mitra, kontraktor, atau afiliasi Campus HR Academy. Dalam hal tersebut, Campus HR Academy akan memastikan bahwa Data Pribadi tersebut tetap terlindungi sesuai dengan komitmen Campus HR Academy dalam Kebijakan Privasi ini. 

  1. Walaupun Campus HR Academy telah menggunakan upaya terbaiknya untuk mengamankan dan melindungi Data Pribadi Pengguna, perlu diketahui bahwa pengiriman data melalui Internet tidak pernah sepenuhnya aman. Dengan demikian, Campus HR Academy tidak dapat menjamin 100% keamanan data yang disediakan atau dikirimkan kepada Campus HR Academy oleh Pengguna dan pemberian informasi oleh Pengguna merupakan risiko yang ditanggung oleh Pengguna sendiri. 

  1. Campus HR Academy akan menghapus dan/atau menganonimkan Data Pribadi Pengguna yang ada di bawah kendali Campus HR Academy apabila (i) Data Pribadi Pengguna tidak lagi diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya; dan (ii) penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

  1. Mohon diperhatikan bahwa masih ada kemungkinan bahwa beberapa Data Pribadi Pengguna disimpan oleh pihak lain, termasuk instansi penyelenggara negara yang berwenang. Dalam hal kami membagikan Data Pribadi Pengguna kepada instansi penyelenggara negara yang berwenang dan/atau instansi lainnya yang dapat ditunjuk oleh pemerintah yang berwenang atau memiliki kerja sama dengan Campus HR Academy, Pengguna menyetujui dan mengakui bahwa penyimpanan Data Pribadi Pengguna oleh instansi tersebut akan mengikuti kebijakan penyimpanan data masing-masing instansi tersebut. 


6. Akses dan Perbaikan Data Pribadi Pengguna 

  1. Campus HR Academy mengambil langkah-langkah yang wajar untuk memastikan bahwa Data Pribadi Pengguna diproses secara akurat dan lengkap. Namun demikian, penting bagi Pengguna untuk memberi tahu Campus HR Academy secara tepat waktu tentang segala perubahan pada Data Pribadi Pengguna atau jika ada kesalahan dalam Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali Campus HR Academy. 

  1. Pengguna berhak untuk mengakses atau mengoreksi Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali Campus HR Academy melalui layanan pelanggan Campus HR Academy yang tersedia dalam Kebijakan Privasi ini. Namun demikian, permohonan tersebut hanya akan diproses oleh Campus HR Academy apabila Pengguna telah menyerahkan bukti identitas yang memadai untuk melakukan akses atau koreksi terhadap data tersebut. Campus HR Academy berhak menolak permohonan untuk mengakses, atau untuk memperbaiki, sebagian atau semua Data Pribadi Pengguna yang Campus HR Academy miliki atau kuasai jika diizinkan atau diperlukan berdasarkan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini termasuk dalam keadaan di mana Data Pribadi tersebut dapat berisi referensi kepada orang lain atau di mana permintaan untuk akses atau permintaan untuk mengoreksi adalah untuk alasan yang Campus HR Academy anggap tidak relevan, tidak serius, atau menyulitkan. 

  1. Campus HR Academy dapat membebankan biaya administrasi kepada Pengguna untuk menangani permintaan Pengguna untuk mengakses atau mengoreksi Data Pribadi Pengguna. 

  1. Pengguna dapat menarik persetujuan yang telah Pengguna berikan terkait dengan pemrosesan Data Pribadi Pengguna yang ada di bawah kendali Campus HR Academy dengan mengirimkan permintaan tersebut melalui layanan pelanggan Campus HR Academy yang tercantum dalam Kebijakan Privasi ini. Campus HR Academy akan memproses permintaan Pengguna dalam kurun waktu yang wajar sejak permintaan penarikan persetujuan tersebut disampaikan, dan selanjutnya tidak memproses Data Pribadi Pengguna sesuai dengan permintaan awal Pengguna, kecuali diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam hal terdapat penarikan persetujuan, Campus HR Academy mungkin tidak dapat melaksanakan kewajiban-kewajibannya berdasarkan setiap perjanjian antara Pengguna dengan Campus HR Academy. Sehubungan dengan hal tersebut, terdapat juga kemungkinan bahwa dikarenakan Campus HR Academy tidak dapat melaksanakan kewajiban-kewajibannya oleh karena Pengguna menarik persetujuannya, setiap hubungan hukum antara Pengguna dan Campus HR Academy menjadi berakhir dan tidak dapat dilanjutkan. 


7. Pengaduan terkait Perlindungan Data Pengguna 

  1. Jika Pengguna memiliki kekhawatiran tentang penanganan atau perlakuan Campus HR Academy terhadap Data Pribadi Pengguna atau jika Pengguna yakin bahwa privasinya telah dilanggar, Pengguna dapat menghubungi Campus HR Academy melalui layanan pelanggan Campus HR Academy atau kepada kontak Campus HR Academy yang tercantum dalam Kebijakan Privasi ini dengan menjelaskan identitas dan sifat keluhan Pengguna. 

  1. Campus HR Academy akan menyelidiki keluhan Pengguna dan berupaya untuk memberikan tanggapan terhadap keluhan tersebut dalam kurun waktu yang wajar setelah menerima keluhan yang disampaikan oleh Pengguna. 


8. Pilihan Pengguna dan Transparansi 

  1. Perangkat seluler pada umumnya (iOS dan Android) memiliki pengaturan sehingga aplikasi Campus HR Academy tidak dapat mengakses data tertentu tanpa persetujuan dari Pengguna. Perangkat iOS akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi Campus HR Academy pertama kali meminta akses terhadap data tersebut, sedangkan perangkat Android akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi Campus HR Academy pertama kali dimuat. Dengan menggunakan aplikasi dan memberikan akses terhadap aplikasi, Pengguna dianggap memberikan persetujuannya terhadap pengumpulan dan penggunaan Data Pribadi Pengguna dalam perangkatnya. 

  1. Setelah transaksi jual beli melalui Website berhasil, Penjual maupun Pembeli (sebagaimana didefinisikan dalam Syarat dan Ketentuan) memiliki kesempatan untuk memberikan penilaian dan ulasan terhadap satu sama lain. Informasi ini mungkin dapat dilihat secara publik dengan persetujuan Pengguna. 

  1. Pengguna dapat mengakses dan mengubah informasi berupa alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, jenis kelamin, daftar alamat, metode pembayaran, dan rekening bank melalui fitur pengaturan (settings) pada Website. 

  1. Pengguna dapat menarik diri (opt-out) dari informasi atau notifikasi berupa buletin, ulasan, diskusi produk, pesan pribadi, atau pesan pribadi dari Admin yang dikirimkan oleh Campus HR Academy melalui fitur pengaturan pada Website. Campus HR Academy tetap dapat mengirimkan pesan atau email berupa keterangan transaksi atau informasi terkait akun Pengguna. 

  1. Sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Pengguna dapat menghubungi Campus HR Academy untuk melakukan penarikan persetujuan terhadap perolehan, pengumpulan, penyimpanan, pengelolaan dan penggunaan data Pengguna. Apabila terjadi demikian maka Pengguna memahami konsekuensi bahwa Pengguna tidak dapat menggunakan layanan Website maupun layanan Campus HR Academy lainnya. 


9. Penyimpanan dan Penghapusan Informasi 

Campus HR Academy akan menyimpan informasi selama akun Pengguna tetap aktif dan dapat melakukan penghapusan sesuai dengan ketentuan peraturan hukum yang berlaku. 


10. Penggunaan Website 

Pengguna setuju untuk selalu memperhatikan ketentuan larangan yang berlaku dalam penggunaan Campus HR Academy, sebagai berikut: 

  1. Anda dilarang untuk melakukan serta tidak akan membantu orang lain untuk mereproduksi, mendistribusikan, menampilkan, menjual, menyewakan, mengirimkan, membuat karya turunan dari, menerjemahkan, memodifikasi, merekayasa balik, membongkar, menguraikan atau mengeksploitasi website ini atau sebagian dari itu. 

  1. Anda dilarang untuk menjual dan memindah-tangankan akun Anda, profil, atau item yang terkait dengan Campus HR Academy kecuali secara tegas diizinkan secara tertulis oleh kami. 

  1. Anda dilarang untuk menggunakan setiap informasi yang diberikan pada Website atau membuat penggunaan Website untuk kepentingan komersial dan/atau bisnis lain, kecuali secara tegas diizinkan secara tertulis oleh Kami. 

  1. Anda dilarang untuk meniru atau menggambarkan diri Anda dengan orang lain atau badan usaha lain pada saat Anda memberikan data dan informasi Anda kepada Kami dalam penggunaan Website dan layanan Kami. 

  1. Anda dilarang untuk melakukan serta tidak akan membantu orang lain untuk mengasosiasikan, mencitrakan, mengaitkan, menghubungkan, mengafiliasikan dengan suatu Website yang berisi konten-konten sebagai berikut: 

  1. Konten yang melanggar hak kekayaan intelektual dan hak kepemilikan lainnya. 

  1. Konten yang mengandung unsur pornografi atau cabul atau kesusilaan, perjudian, penghinaan, fitnah dan/atau pencemaran nama baik, pemerasan dan/atau pengancaman, penipuan, pemalsuan. 

  1. Konten yang menimbulkan dan/atau mendorong timbulnya atau memfasilitasi rasa kebencian, permusuhan, pengancaman, penghasutan, pelecehan dan mengobarkan suatu ketegangan antar perorangan, pihak manapun atau kelompok tertentu, baik berdasarkan suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) ataupun gender atau orientasi seksual, asal negara, etnis, kebangsaan, keterbatasan fisik dan keyakinan. 

  1. Konten-konten terlarang lainnya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

  1. Atas dasar kebijaksanaan kami dalam hal setiap perilaku Anda selaku pengguna, termasuk dan/atau dianggap melanggar hukum dan ketentuan yang berlaku serta merupakan pelanggaran Persyaratan Penggunaan, atau berbahaya bagi kepentingan kami, maka atas setiap pelanggaran yang terjadi tersebut mengakibatkan pencabutan secara serta merta izin akses yang diberikan dalam ketentuan ini tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda dan kami berhak untuk menolak layanan, menghentikan akun, dan/atau membatalkan pesanan yang Anda lakukan, termasuk dan tidak terbatas untuk mengungkapkan identitas dalam database Anda kepada pihak yang berwenang atas dasar suatu surat perintah yang sah. Anda harus bertanggung-jawab terhadap semua kerugian yang kami maupun afiliasi dan mitra atau rekanan kami alami, termasuk dan tidak terbatas terhadap klaim pihak ketiga, beserta biaya-biaya lainnya yang mungkin muncul sebagai akibat yang ditimbulkan dari perilaku Anda. Konten yang disediakan di website ini adalah semata-mata untuk tujuan informasi. Dengan Anda menyetujui ketentuan ini, maka sekaligus membebaskan kami dari tanggung jawab atas setiap klaim, sanggahan, kerusakan, atau kerugian yang diakibatkan dari penggunaan website atau layanan yang terkandung di dalamnya. 


11. Cookies 

  1. Cookies adalah file kecil yang secara otomatis akan mengambil tempat di dalam perangkat Pengguna yang menjalankan fungsi dalam menyimpan preferensi maupun konfigurasi Pengguna selama mengunjungi suatu website. Cookies tersebut tidak diperuntukkan untuk digunakan pada saat melakukan akses data lain yang Pengguna miliki di perangkat komputer Pengguna, selain dari yang telah Pengguna setujui untuk disampaikan. 

  1. Walaupun secara otomatis perangkat komputer Pengguna akan menerima cookies, Pengguna dapat menentukan pilihan untuk melakukan modifikasi melalui pengaturan browser Pengguna yaitu dengan memilih untuk menolak cookies (pilihan ini dapat menghambat tersedianya layanan Campus HR Academy secara optimal pada saat Pengguna mengakses Website). 

  1. Campus HR Academy menggunakan fitur Google Analytics Demographics and Interest. Data yang Campus HR Academy peroleh dari fitur tersebut, seperti umur, jenis kelamin, minat Pengguna, dan informasi lainnya yang dapat mengidentifikasi Pengguna, akan Campus HR Academy gunakan untuk pengembangan fitur, fasilitas, dan/atau konten yang terdapat pada Website Campus HR Academy. Jika Pengguna tidak ingin data miliknya terlacak oleh Google Analytics, Pengguna dapat menggunakan Add-On Google Analytics Opt-Out Browser. 

  1. Campus HR Academy dapat menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh pihak ketiga dalam rangka meningkatkan layanan dan konten Campus HR Academy, termasuk diantaranya ialah penilaian, penyesuaian, dan penyajian iklan kepada setiap Pengguna berdasarkan minat atau riwayat kunjungan. Jika Pengguna tidak ingin iklan ditampilkan berdasarkan penyesuaian tersebut, maka Pengguna dapat mengaturnya melalui browser. 


12. Hukum yang Berlaku 

Apabila Anda mengakses Website ini di luar Indonesia, maka atas penggunaan Website dan layanan yang Kami berikan akan tunduk dan diatur oleh dan atau ditafsirkan sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia, tanpa mempengaruhi adanya prinsip-prinsip konflik hukum yang berlaku. 


13. Pembaruan Kebijakan Privasi 

Campus HR Academy dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan atau pembaruan terhadap Kebijakan Privasi ini. Campus HR Academy menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa halaman Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Website maupun layanan Campus HR Academy lainnya, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Kebijakan Privasi. 


14. Pengakuan dan Persetujuan 

  1. Anda mengerti dan setuju bahwa Kebijakan Privasi ini merupakan perjanjian dalam bentuk elektronik. Tindakan Anda mencentang kotak yang menyatakan “Saya menyetujui Kebijakan Privasi” atau cara lainnya yang mungkin dapat Kami terapkan saat pembuatan Akun Anda merupakan persetujuan aktif Anda untuk mengikatkan diri dalam perjanjian dengan Kami, sehingga keberlakuan Kebijakan Privasi adalah sah dan mengikat secara hukum dan terus berlaku sepanjang penggunaan Aplikasi oleh Anda. 

  1. Dengan menyetujui Kebijakan Privasi, Anda dan/atau orang tua, wali atau pengampu Anda (dalam hal Anda berusia di bawah 18 (delapan belas) tahun) mengakui bahwa Anda telah membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini dan menyetujui segala ketentuannya. Secara khusus, Anda setuju dan memberikan persetujuan kepada Kami untuk mengumpulkan, menggunakan, membagikan, mengungkapkan, menyimpan, mentransfer, dan/atau mengolah Data Pribadi anda sesuai dengan Kebijakan Privasi ini. 

  1. Dalam hal Anda memberikan Data Pribadi yang berkaitan dengan individu lain (misalnya Data Pribadi yang berkaitan dengan pasangan anda, anggota keluarga, teman, atau pihak lain) kepada Kami, maka Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda telah memperoleh persetujuan dari individu tersebut untuk, dan dengan ini menyetujui atas nama individu tersebut untuk, pengumpulan, penggunaan, pengungkapan dan pengolahan Data Pribadi mereka oleh Kami. 

  1. Dengan Anda mengklik “Daftar” atau melakukan Register atau pernyataan serupa yang tersedia di halaman pendaftaran Website, Pengguna menyatakan bahwa setiap Data Pribadi Pengguna merupakan data yang benar sesuai adanya dan sah, Pengguna mengakui bahwa ia telah diberitahukan dan memahami ketentuan Kebijakan Privasi ini serta Pengguna memberikan persetujuan kepada Campus HR Academy untuk memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menampilkan, mengirimkan, membuka, menyimpan, mengubah, menghapus, mengelola dan/atau mempergunakan data tersebut untuk tujuan sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Privasi. 


15. Hubungi Kami 

Dalam hal Pengguna memiliki pertanyaan, komentar, keluhan, atau klaim mengenai Kebijakan Privasi ini atau Pengguna ingin mendapatkan akses dan/atau melakukan koreksi terhadap Data Pribadi miliknya, silakan hubungi layanan pelanggan Campus HR Academy melalui laman https://campus.hracademy.id.